Salsabila Astianurri: 5 Daun yang Bisa Dimakan Mentah dan Dijadikan Lalapan!

Senin, 16 Desember 2019

5 Daun yang Bisa Dimakan Mentah dan Dijadikan Lalapan!


1. Kemangi

Kemangi adalah daun yang bisa dimakan mentah dan sangat populer di Indonesia. Hampir setiap tempat makan yang menyediakan lalapan pasti turut menyajikan kemangi. Daun kemangi memiliki aroma yang sangat harum. Bahkan, aroma kemangi ini sangat kuat dan khas.
Rasa daun kemangi ini tidak pahit dan cocok jika dinikmati bersama kacang panjang, kol, dan timun. Selain disantap mentah-mentah, kemangi juga biasa digunakan di dalam pepes sehingga aroma pepesan tersebut jadi lebih wangi. Daun yang satu ini paling mudah diperoleh karena pasti dijual di setiap pasar tradisional.

2. Pohpohan

* sumber: www.kinisehat.com
Jika dilihat sekilas, daun pohpohan ini mirip dengan kemangi. Namun, apabila Anda memperhatikan dengan lebih detail, maka daun tersebut nampak bertekstur di permukaannya. Pohpohan juga dikenal sebagai lalapan favorit di Indonesia.
Di balik rasanya yang gurih dan enak, Pohpohan ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Daun ini dipercaya dapat meringankan nyeri otot dengan cara mengkonsumsinya secara langsung sebagai lalapan. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam Pohpohan juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker dengan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

3. Pegagan

* sumber: www.deherba.com
Tumbuhan yang satu ini pasti sering Anda lihat di pinggir jalan atau perkebunan. Nama tumbuhan ini adalah Pegagan, di mana semua bagian tumbuhannya bisa dimakan sebagai lalapan. Di Jawa Barat, Pegagan tidak hanya dijadikan sebagai lalapan, tetapi juga diolah menjadi asinan. Syarat untuk mengkonsumsi daun ini adalah memastikan bahwa daun yang dimakan benar-benar masih segar.
Khasiat yang ditawarkan oleh daun Pegagan adalah menekan pertumbuhan sel kanker karena daun ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Di samping itu, kandungan senyawa saponin di dalam Pegagan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Daun Pepaya


Ada yang bilang kalau daun pepaya rasanya pahit-pahit enak. Ya, daun yang bisa dimakan mentah ini memang memiliki rasa pahit. Ternyata rasa pahit dari daun pepaya disebabkan oleh senyawa alkaloid di dalamnya. Meskipun menyebabkan rasa pahit pada daun pepaya, senyawa alkaloid ternyata dapat berperan sebagai anti-bakteri dan antioksidan di dalam tubuh. Bagi Anda yang sering sembelit, menyantap daun pepaya juga bisa menjadi solusi untuk melancarkan pencernaan. Pasalnya, daun pepaya mengandung senyawa karpain yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan

5. Semanggi

* sumber: www.khasiat.co.id
Daun semanggi memiliki tampilan yang sangat cantik. Tumbuhan ini tergolong sebagai tanaman liar yang bisa tumbuh di mana saja, tapi lebih sering dijumpai di pegunungan. Daun yang kelopaknya berbentuk seperti hati (clover) ini bisa langsung dimakan sebagai lalapan segar atau direbus sebagai teh. Manfaat dari daun semanggi adalah sebagai penetral racun, pengencer dahak, anti-inflamasi, dan penurun panas.



referensi :
https://bacaterus.com/daun-yang-bisa-dimakan-mentah/

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda