Salsabila Astianurri: Perekonomian 5

Minggu, 05 Mei 2019

Perekonomian 5

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI MASING-MASING SEKTOR PERTANIAN, INDUSTRI DAN JASA

1. PERTANIAN
KELEBIHAN
KEKURANGAN
         Memiliki elastisitas permintaan yang rendah, artinya harga berubah berapapun orang akan tetep membeli produk pertanian. Contohnya saja Beras,Walaupun harga beras mahal,namun karena beras merupakan makanan pokok masyarakat,masyarakat tetap akan mebeli beras tersebut.
         Produksi nya konstan, sangat sulit ditingkatkan dan memiliki investasi yang mahal
         Penghasil bahan kebutuhan pokok seperti beras ,gandum ,sayura-sayuran.
         Kurangnya pengetahuan dalam cara-cara bertani yang baik dan keterbatasan pengetahian tentang bibit-bibit unggul serta pupuk-pupuk yang diperlukan  tanaman.
         Memberikan sumbangan terhadap pendapatan nasional sehingga devisa negara akan bertambah

         Menyediakan lapangan pekerjaan


2. INDUSTRI
KELEBIHAN
KEKURANGAN
         Memperluas pertumbuhan dengan menghubungkan daerah tertinggal dengan pusat pertumbuhan.
Dengan adanya pembangunan di enam koridor akan memperluas proses pertumbuhan di berbagai daerah. Pembangunan tidak hanya terjadi di pusat kota saja melainkan di seluruh kota termasuk daerah tertinggal. Dengan adanya pembangunan di enam koridor akan mempercepat dan memperluas pertumbuhan ekonomi dan menjadikan pembangunan yang merata di tiap-tiap daerah.
         Dapat mengakibatkan eksploitasi sumber daya alam
Dengan adanya pemaksimalan potensi di tiap-tiap wilayah maka yang akan terjadi adalah pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran yang dalam artian bahwa akan terjadi eksploitasi alam karena tiap wilayah berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari potensi yang dimiliki. Akibatnya akan berdampak buruk bagi alam sekitar, misalnya eksploitasi hasil tambang, hal tersebut akan merusak daerah yang menjadi tempat galian tambang emas dan akan sulit untuk di perbaharui kembali seperti semula.
         Menghubungkan daerah terpencil dengan infrastruktur & pelayanan dasar dalam menyebarkan manfaat pembangunan secara luas
Pembangunan yang telah merata di tiap-tiap wilayah akan mempermudah pembangunan sarana infrastruktur yang baik. Seperti di daerah timur Indonesia yang sampai saat ini infrastruktur disana kurang memadai, nantinya dengan adanya pembangunan di enam koridor akan membawa dampak positif bagi daerah-daerah yang dulunya masih tertinggal sebagai contoh jalan raya yang baik, pemenuhan kebutuhan listrik, dan sarana prasarana yang lainnya.
         Kalahnya investor domestik dengan inverstor asing
Tidak menutup kemungkinan bahwa pembangunan di enam koridor ini akan mendatangkan investor-investor asing. Kita tahu bahwa sumber daya manusia yang di miliki indonesia masih agak kurang memadai untuk berdiri sendiri mengelola potensi-potensi alamnya. Seperi contoh di papua, pertambangan emas telah dikuasai investor asing untuk mengelolanya karena keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi di Indonesia. Selain itu, Pemerintah daerah tentunya akan lebih senang jika proyek pembangunan dipegang oleh investor asing karena pasti investor asing akan berani membayar mahal untuk mendapatkan hasil alam misalnya bijih emas. Untuk itu perlu disiasati bagaimana agar investor domestik dapat bersaing dengan investor asing.
         Memperluas lapangan kerja
Pembangunan di enam koridor ini akan mendatangkan banyak investor baik domestik maupun asing. Dengan begitu maka akan membuka lapangan kerja sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia.


3. JASA
KELEBIHAN
KEKURANGAN
Tidak perlu tempat untuk memajang (display) barang.
Kualitas jasa dapat diketahui setelah konsumen membeli jasa.
Tidak diperlukan tempat untuk menyimpan barang (gudang).
Jasa yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (diretur).

Tidak perlu alat angkut untuk mengirim barang kepada konsumen.





TERJADINYA PEMBANGUNAN TANPA PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI
Menurut saya, Pembangunan tanpa perubahan struktur ekonomi tidak dapat dilaksanakan karena perubahan struktur ekonomi menitik beratkan pembahasan pada mekanisme transformasi ekonomi yan dialami suatu Negara. Oleh karena itu, pembangunan Negara sedang dalam proses apabila telah timbul suatu perubahan struktur ekonomi tersebut. Seperti pembagian dua bidang ekonomi dimana pada bidang pertama  membahas tentang beberapa sector yaitu pertanian,industry , dan jasa yang merupakan penghasilan untuk suatu Negara khususnya untuk pembangunan yang akan dilaksanakan.  Dalam hal ini perubahan struktur ekonomi diperlukan karna beberapa alasan salah satunya adalah untuk memajukan perkembangan teknologi suatu Negara. Suatu Negara dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, membawa efek maju dalam perkembangan Negara tersebut dikarenakan teknologi yang semakin mempermudah perkerjaan sehingga merubah pola pikir masyarakat yang akan berdampak positif untuk wawasan ketenagakerjaan. Dampak tersebut merupakan perubahan struktur ekonomi dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang berdaampingan dngan pembangunan ekonomi suatu Negara.


TERJADINYA PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI DALAM PROSES PEMBANGUNAN
Berubahnya struktur ekonomi dalam proses pembangunan ekonomi menurut saya dapat diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu; proses pembangunan mencakup berbagai perubahan yang berhubungan dengan masalah masalah sosial, seperti sikap-sikap masyarakat, dan institusi institusi nasional, di samping tetap mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan, serta pengentasan kemiskinan. Jadi pada hakekatnya, struktur ekonomi haruslah tetap memikirkan nilai nilai kepentingan masyarakat dalam membangun kemajuan suatu struktur ekonomi. Dengan merentas kemiskinan di suatu negara berkembang maka perekonomianpun otomatis akan terdongkrak menjadi lebih baik dan dapat mengubah suatu negara berkembang menjadi negara yang maju. pembangunan itu harus mencerminkan perubahan total suatu masyarakat atau penyesuaian sosial secara keseluruhan tanpa mengabaikan keanekaragaman kebutuhan dasar dan keinginan individual maupun kelompok-kelompok sosial di dalamnya untuk bergerak maju menuju suatu kondisi kehidupan yang lebih baik, secara material maupun spiritual.
Tentunya pertumbuhan pembangunan harus tetap memikirkan kondisi dan pelestarian lingkungan, karena banyak saat ini pembangunan yang menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan, contohnya global warming, bencana alam seperti banjir akibat pembangunan perkotaan yang tidak mementingkan sistem drynase, longsor akibat penebangan hutan tanpa reboisasi, lumpur lapindo akibat pengeboran yang terlalu rakus, dan penggunaan bahan bahan kimia yang dapat merusak lapisan ozon. Maka pembangunan tetap harus mementingkan kelestarian lingkungan agar manusia generasi selanjutnya tidak terkena dampak buruk akibat pembangunan ini.


TANGGAPAN MENGENAI PEMBANGUNAN YANG HANYA MENGEJAR PERTUMBUHAN TIDAK AKAN MENGHIRAUKAN KELESTARIAN LINGKUNGAN
Kita memiliki upaya untuk mengelola SDA dan lingkungan hidup lebih baik. Kita memiliki harapan dan peluang yang cukup besar bahwa masalah lingkungan hidup yang makin rawan dapat diatasi dengan sebaik-baiknya.
Berdirinya pabrik-pabrik pengusaha dalam negeri sampai pabrik relokasi milik pengusaha asingpun juga ikut menambah sesaknya udara dengan polusi udara. Kondisi sosial budaya masyarakat sekitar yang cenderung masih berladang dengan cara membuka atau menebang hutan dan menjadikannya ladang baru juga ikut serta dalam menambah penyebab kerusakan lingkungan alam. Tak benar juga kita selalu menyalahkan pemerintah sepenuhnya.
Disisi lain tumbuhnya pabrik-pabrik lokal maupun asing di Indonesia juga berdampak pada bertambahnya lapangan pekerjaan sehingga pertumbuhan ekonomipun otomatis juga akan meningkat. Tapi yang mengecewakan ketika beberapa pabrik-pabrik tersebut tidak menghiraukan kelestarian lingkungan alam dengan membuang limbah cair ke sungai tanpa proses pengelolaan limbah yang berwawasan lingkungan. Hal ini akan merugikan manusia dan juga ekosistem di sekitar lingkungan tersebut. Salah satu hal yang diupayakan pemerintah dalam mengurangi dampak negatif tersebut adalah dengan cara memusatkan pabrik-pabrik dalam satu kawasan yang disebut kawasan industri.
Khusus untuk mengatasi masalah lingkungan hidup, pemerintah membuat Undang-undang no.23 tahun 1997 mengenai lingkungan hidup, tetapi kita juga harus mengawasi dan menjalankan UU tersebut sebagai pedoman etika bergaul dengan lingkungan hidup karena kita tidak bisa hidup jika kita tidak bersahabat dengan lingkungan alam kita.



Referensi :

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda