Salsabila Astianurri: Tugas 4

Sabtu, 17 November 2018

Tugas 4

KECENDERUNGAN PERKEMBANGAN BISNIS KECIL DIBANDINGKAN DENGAN BISNIS BESAR DINEGARA INDONESIA, PADA MASA YANG AKAN DATANG
Pada masa yang akan datang tentu bisa kita lihat bahwa manusia akan lebih memilih untuk melakukan usaha sendiri, karena dimasa depan akan semakin canggihnya teknologi, juga manusia lebih berpikir dan kreatif untuk menyalurkan bakatnya dan kemampuannya dalam melakukan bisnis. Dan sekarang pun banyak orang yang mulai berbisnis, contohnya berbisnis perdagangan lewat online, bisnis kecil tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak, dibandingkan bekerja di perusahaan besar. Bisnis kecilpun juga bisa berkembang menjadi bisnis yang besar apabila kita berusaha, ulet dan semangat dalam menekuninya.
Karena Pada masa sekarang juga teknologi sudah sangat membantu untuk melakukan segala macam kegiatan, termasuk melakukan usaha sendiri atau bisnis kecil. Apabila seseorang memiliki daya kreatif yang tinggi, mereka bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk menjadikannya sebagai ladang usaha sendiri. Semua tergantung kepada masing-masing individu yang menggunakan kesempatan dan peluang tersebut digunakan dengan maksimal atau tidak.

Bisnis kecil pada umumnya dikelola atau dipimpin oleh pemiliknya, struktur organisasinya pun cukup sederhana dan masih banyak perangkapan tugas, Daerah pengoperasiannya pun masih lokal, pegawainya juga masih tergolong sedikit dan fasilitas yang sederhana sehingga bisnis kecil ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerugian atau kegagalan yang relatif cukup tinggi. Dengan demikian, setelah berkembangnya teknologi yang sangat maju dizaman sekarang, fasilitas pun semakin mudah didapat dan sudah banyak media aplikasi yang dapat digunakan untuk pengoperasian produksi dari pemilik usaha. Media tersebut bisa melalui media cetak atau media internet (social media). Para pemilik usaha atau bisnis kecil ini pun mulai meningkatkan kreatifitas dalam pengoperasian produksinya, agar tidak mudah terjadinya kerugian dimasa yang akan datang. Semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin mudah pula mendapatkan barang yang diinginkan para konsumen meskipun dari kota yang berbeda bahkan bisa sampai ke mancanegara. Sehingga kesempatan itu lah yang digunakan para pemilik usaha bisnis kecil dengan memanfaatkan teknologi yang sudah maju.

Lain hal nya dengan bisnis besar, Pada umumnya dikelola/dipimpin oleh manajer profesional (bukan pemiliknya). Sehingga Struktur organisasinya kompleks dan sudah ada spesialisasi pekerjaan, Daerah operasional regional atau nasional, Jumlah pegawai banyak dan fasilitas mewah. Dan dari segi modal, dalam bisnis besar lebih mudah diperoleh untuk mengembangkan suatu usaha dibandingkan dengan bisnis kecil yang sulit mendapatkan modal disaat awal mula untuk melakukan bisnis. Dari perbedaan bisnis kecil dan bisnis besar tersebut bisa dipastikan bahwa, bisnis kecil tidak selamanya akan merugikan pemilik, begitu pula sebaliknya. Bisnis besar tidak selamanya akan menguntungkan para pegawainya. Sehingga kecenderungan berkembangnya bisnis kecil dibandingkan bisnis besar dimasa yang akan datang lebih besar kemungkinannya seiring berjalannya waktu dan didampingi dengan teknologi yang sudah sangat canggih.


KEJUJURAN MERUPAKAN KUNCI KEBERHASILAN DALAM BISNIS
Karena kejujuran adalah sendi pokok bagi kelangsungan hidup yang diikuti kegiatan pikiran dan kerja keras. Orang-orang yang selalu ingat kepada Allah SWT dimanapun dan kapanpun adalah orang-orang yang tenang, sabar, serta teratur dalam melaksanakan pekerjaannya. Untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin tidaklah mudah kita ucapkan untuk mendapatkannya diperlukan kejujuran dalam perjuangan dan pengorbanan. Kejujuran sangat penting didalam dunia bisnis, contohnya apabila kita berjualan barang-barang sembako kita harus menjual barang-barang yang baik jangan sampai menjual yang batas waktunya sudah habis ataupun sudah kadaluarsa yang seharusnya sudah dibuang tetapi malah dijual kembali, kita harus berjualan tanpa ada yang harus ditutup-tutupi ataupun dipalsukan kualitas dari barang tersebut, jika saja pembeli melihat kebohongan yang kita lakukan walaupun hanya sekali, maka pembeli tersebut akan sulit untuk percaya lagi terhadap kita bahkan tidak akan percaya lagi untuk membeli barang yang kita jual. Jadi kejujuran sangat dibutuhkan dalam karir perdagangan karena kejujuran menjadi mata kunci untuk keberhasilan ataupun karir kita kedepannya dan sangat berpengaruh terhadap karir perdagangan yang sedang ditekuni.
Dengan kejujuran tidak akan terjadi yang namanya kerugian, apabila kita dalam berbisnis melakukannya dengan kejujuran maka Allah swt pun akan melipat gandakan rezeki yang sudah ditetapnya oleh-Nya. Kejujuran adalah faktor utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain yang ingin membeli produk usaha kita. Apabila kepercayaan para konsumen terus meningkat, maka tingkat keberhasilan pun akan mengiringi dan terus berdatangan.


PENTINGNYA ORGANISASI DALAM DUNIA BISNIS
BERDASARKAN STRUKTUR ORGANISASI
Menciptakan bayangan kesuksesan untuk bisnis kita, dengan memiliki Struktur Organisasi kita telah berimajinasi seperti apa bisnis kita dimasa mendatang. Divisi – divisi dan posisi – posisi apa saja yang nanti akan ada bisa tergambar dengan jelas saat ini.
Memudahkan pengembangan Sumber Daya Manusia, dengan Struktur Organisasi kita mampu melihat bagian-bagian perusahaan mana saja yang nantinya membutuhkan SDM, Struktur Organisasi juga bisa menjadi alat pada saat kita melakukan perekrutan atau penambahan karyawan nantinya. Dengan adanya Struktur Organisasi kita akan berusaha untuk mendapatkan SDM yang berkualitas pada posisi-posisi yang saat ini masih kosong atau rangkap jabatan. Bagi karyawan Struktur Organisasi ini juga akan menjadi motivasi tersendiri untuk naik jabatan pada posisi diatasnya, tanpa Struktur Organisasi karyawan tidak/ belum mengetahui apakah ada jabatan diatas posisinya saat ini.

PERBEDAAN ANTARA TANGGUNG JAWAB DENGAN PERTANGGUNG JAWABAN
Tanggung jawab :
• Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab,mananggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
• Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
• Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

Pertanggung jawaban :
Ada dua istilah yang menunjuk pada pertanggungjawaban dalam kamus hukum, yaituliability dan responsibility.
• Liability merupakan istilah hukum yang luas yang menunjuk hampir semua karakter risiko atau tanggung jawab, yang pasti, yang bergantung atau yang mungkin meliputi semua karakter hak dan kewajiban secara aktual atau potensial seperti kerugian, ancaman, kejahatan, biaya atau kondisi yang menciptakan tugas untuk melaksanakan undang-undang.
• Responsibility berarti hal yang dapat dipertanggungjawabkan atas suatu kewajiban, dan termasuk putusan, ketrampilan, kemampuan dan kecakapan meliputi juga kewajiban bertanggung jawab atas undang-undang yang dilaksanakan.Dalam pengertian dan penggunaan praktis, istilahliability menunjuk pada pertanggungjawaban hukum, yaitu tanggung gugat akibat kesalahan yang dilakukan oleh subyek hukum, sedangkan istilah responsibility menunjuk pada pertanggungjawaban politik.
• Selanjutnya menurut Titik Triwulan pertanggungjawaban harus mempunyai dasar, yaitu hal yang menyebabkan timbulnya hak hukum bagi seseorang untuk menuntut orang lain sekaligus berupa hal yang melahirkan kewajiban hukum orang lain untuk memberi pertanggungjawabannya.


Referensi :
http://idaparwati29.blogspot.com/2017/01/pengantar-bisnis_14.html?m=1

https://www.google.co.id/amp/s/rezafirdaus2009.wordpress.com/2012/11/26/pentingnya-peran-organisasi-dalam-perusahaan/amp/

http://zaysscremeemo.blogspot.com/2012/06/pengertian-tanggungjawab.html?m=1

http://lembagabantuanhukummadani.blogspot.com/2016/10/pengertian-pertanggungjawaban.html?m=1

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda