Salsabila Astianurri: 5 TEMPAT WISATA DI JOGJA YANG MENARIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI

Kamis, 28 November 2019

5 TEMPAT WISATA DI JOGJA YANG MENARIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI

1.    Hutan Pinus Pengger Dlingo
foto dari @firadatyapriani
Tempat wisata di Yogyakarta yang menjadi favorit anak muda adalah Hutan Pinus Pengger. Di sini, terdapat spot foto selfie yang sangat unik. Spot foto tersebut adalah rumah seperti piramid yang berlubang sehingga anda dapat masuk ke dalamnya.
Apabila anda berkunjung di malam hari, dari sana akan terlihat gemerlap kota Jogja. Tak ayal, Hutan Pinus Pengger Dlingo menjadi tempat wisata malam Jogja yang ramai pengunjung.
Untuk HTM di sini, anda harus membayar Rp 2.000. Biaya parkir yang harus dibayarkan adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk setiap spot fotonya, anda cukup membayar seikhlasnya saja.

2.    Gardu Pandang Pinus Asri
foto dari @exploreindonesiakece
Gardu Pandang Pinus Asri sedang menjadi tempat wisata di Jogja yang hits di kalangan anak muda. Berada di kawasan Hutan Pinus Karangasem, hutan pinus ini terkenal dengan panggung alamnya.
Di sini, spot foto terbaik diambil pada pagi hari atau sore hari. Meski demikian, tempat ini dibuka pada pukul 06.00 hingga pukul 18.00. Menuju ke Gardu Pandang Pinus Asri ini juga tidak sulit karena sama ketika hendak ke Kebun Buah Mangunan.
Tidak ada biaya retribusi untuk masuk ke sini. Namun, anda dikenakan biaya parkir Rp 2000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

3.    Tugu Yogya
foto dari @ellansart
Tugu Jogja didirikan setelah kraton Jogja berarti. Landmark yang menjadi ikon Jogjakarta ini merupakan tempat nongkrong di Jogja yang hits dikalangan anak muda. Berada di garis yang sama dengan keraton dan Gunung Merapi, Tugu Jogja menjadi jantung kota yang istimewa.
Tugu Jogja ini menggambarkan semangat rakyat dan penguasa dalam mengusir penjajah. Semangat persatuan yang disebut golog gilig itu tergambar jelas pada bentuk tugu yang golog (bulat) dan gilig (silinder). Karena itu nama tugu ini adalah Tugu Golog Gilig.
Selain memuat nilai-nilai sejarah, Tugu Jogja juga menjadi tujuan wisata. Tugu Jogja juga dapat menjadi alternatif wisata malam Jogja. Karena lampu-lampu sorot di sekitar Tugu pada malam hari dapat menambah temaram suasana.

4.    Titik 0 KM Yogyakarta
foto dari @abdurrohman_hd
Titik 0 km Jogja berada di antara alun-alun utara hingga Ngejaman di ujung Jalan Malioboro. Kawasan ini merupakan kawasan wisata sejarah. Banyak bangunan kuno peninggalan Belanda yang berdiri di sini.
Pada malam hari, titik km 0 Jogja ini dijadikan tempat nongkrong di Jogja oleh anak muda. Titik ini sering dijadikan tempat berkumpul dari berbagai komunitas. Pagelaran seni dan budaya juga sering dilaksanakan di sini.
Titik 0 KM dapat menjadi alternatif wisata malam Jogja yang murah meriah. Selain itu, juga banyak pedagang kaki lima di sekitar sini. Jadi, anda dapat menikmati pagelaran budaya sekaligus mencicipi makanan khas kaki lima Jogja.

5.    Alun-alun Selatan
foto dari @syauqi_dm
Alun-alun Selatan Jogja adalah tempat nongkrong di Jogja tempat yang ramai dikunjungi pengunjung pada musim liburan. Di sini, terdapat dua beringin kembar yang melegenda. Kabarnya, orang yang dapat melintasi beringin ini adalah orang yang memiliki hati bersih.
Selain melintasi beringin, anda bisa menyewa sepeda atau odong-odong warna-warni untung berkeliling alun-alun. Anda juga dapat menikmati kuliner di wisata malam Jogja ini. Alun-alun Jogja merupakan alternatif tempat wisata kuliner Jogja.


referensi :

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda