Salsabila Astianurri: 5 TEMPAT WISATA DI LOMBOK YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Sabtu, 30 November 2019

5 TEMPAT WISATA DI LOMBOK YANG WAJIB DIKUNJUNGI


1.Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Tempat wisata di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica. Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula.
Pantai Tanjung Aan adalah tempat wisata di Lombok yang cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Penduduk setempat banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling, atau membuka warung makan sederhana. Anda juga bisa membeli kelapa muda, dan duduk di bangku-bangku sederhana yang disediakan. Pada bulan Februari dan Maret, tempat wisata di Lombok ini kerap menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale, selain Pantai Kuta dan sekitarnya.
Pantai Tanjung Aan hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta. Terdapat kendaraan umum yang melewati Pantai Tanjung Aan, namun jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu, pelancong disarankan untuk menyewa motor atau mobil.

2.Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko
Peselancar ahli yang tidak puas dengan Pantai Kuta atau Selong Belanak bisa memilih Bangko-Bangko. Dikenal juga dengan nama Desert Point, Pantai Bangko-Bangko memiliki ombak besar serta area berbatu tajam yang cukup menantang bagi peselancar ahli. Pantai ini berlokasi di barat daya Lombok, di area yang agak terpencil, sehingga kondisinya masih cukup asri.
Pelancong dapat mencapai Pantai Bangko-Bangko dengan menyewa perahu dari Pelabuhan Lembar. Anda masih harus menyewa mobil atau ojek untuk mencapai area pantai. Walau tidak memiliki banyak fasilitas, penduduk setempat menyewakan pondok-pondok penginapan murah di sekitar area pantai.

3.Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah puncak tertinggi ketiga di antara Tujuh Puncak Tertinggi (Seven Summits) di Indonesia, serta merupakan taman nasional. Gunung ini populer sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli, dan Agustus. Ada banyak hal yang bisa dilihat di tempat wisata di Lombok yang satu ini walau Anda tidak mendaki hingga puncak.
Danau Segara Anak merupakan salah satu panorama terkenal di Rinjani. Area sekitar danau ini datar dan cocok untuk memancing atau berkemah. Danau Segara Anak juga dikelilingi berbagai gua yang bisa dijelajahi, seperti Gua Susu, Manik, dan Payung. Ada juga kolam air panas alami yang letaknya sedikit di bawah area danau. Selain bisa untuk berendam, kolam air panas ini juga kerap digunakan penduduk setempat untuk ritual.
Gunung Rinjani juga memiliki berbagai air terjun, yang mana sebagian besar berlokasi di kaki gunung. Terdapat setidaknya 20 air terjun di kaki gunung ini, lengkap dengan kolam sejuk di bawahnya. Ada juga padang rumput berbukit yang unik di Desa Sembalun Lawang, yang juga merupakan titik awal jalur pendakian.

4.Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Berlokasi di area Sembalun, Lombok Timur, Bukit Pergasingan adalah lokasi populer untuk menikmati pemandangan dari ketinggian tanpa harus melewati pendakian berat seperti di Gunung Rinjani. Bukit Pergasingan menawarkan panorama hutan, persawahan, pedesaan, serta Gunung Rinjani di kejauhan. Pengunjung yang hendak mendaki Gunung Rinjani untuk pertama kalinya sering berlatih dulu di bukit ini.
Bukit Pergasingan menawarkan titik sempurna untuk memandang matahari terbit dan terbenam. Ada juga berbagai fasilitas untuk petualangan, seperti misalnya paralayang dan sepeda gunung. Tempat wisata di Lombok ini juga cocok untuk berkemah. Jika Gunung Rinjani sedang tidak buka, misalnya karena aktivitas volkanik, pendaki yang “gatal” ingin mendaki kerap menjajal bukit ini sebagai gantinya.
Karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke area perbukitan, pelancong disarankan menyewa kendaraan. Penduduk di sekitar kaki bukit juga banyak yang menyewakan mobil serta sepeda motor, sehingga memudahkan pelancong untuk mencapai titik pendakian. Fasilitas terkait wisata Bukit Pergasingan dikelola oleh komunitas setempat yang bernama Sembalun Development Community Centre.


5.Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Gili Air
Lombok memiliki pulau-pulau kecil (gili) di area lepas pantainya, namun tiga yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Air, dan Meno. Ketiga gili ini memiliki lokasi yang berdekatan, sehingga sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau kilat (island hopping). Gili Trawangan adalah gili terbesar, sedangkan Gili Meno adalah yang paling sepi sekaligus asri.
Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang sederhana maupun mahal. Pelancong bisa menikmati pemandangan pantai, minum di kedai pinggir pantai, menyewa sepeda, atau jalan-jalan naik delman di tempat wisata di Lombok ini. Gili Trawangan juga kerap menjadi lokasi pesta pinggir pantai, sehingga cocok untuk pelancong yang ingin menikmati suasana resort.
Gili Meno dan Air berukuran lebih kecil serta lebih sepi bila dibandingkan dengan Gili Trawangan, tetapi Gili Air masih dihuni oleh masyarakat lokal. Pantai di Gili Air juga tidak seramai Gili Trawangan, dan banyak dikunjungi oleh keluarga. Area pantai di Gili Meno dan Air cocok untuk snorkeling atau menyelam.



referensi :
http://anekatempatwisata.com/tempat-wisata-di-lombok/

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda